Minggu, 04 Desember 2011

Susunan pemain tim nasional basket putra 2011 berjumlah 12 orang pemain dan lima orang officials tim. Berikut adalah pemain tim basket nasional putra tahun 2011 berdasarkan nomor punggung [dan nama panggilan mereka]:

4. Xaverius Prawiro [Iyus]
    * Klub: Aspac Jakarta
    * Lahir: 30 Desember 1986
    * Tinggi badan: 184 cm
    * Berat badan: 81 kg
    * Posisi: Point Guard / Shooting Guard
Xaverius adalah salah satu guard Indonesia yang mempunyai shooting terbaik. Xaverius memiliki defense yang kuat.  Xaverius juga bisa bermain sebagai combo guard [alias bermain di kedua posisi guard] dengan sama efektifnya.
Walaupun Xaverius biasa bermain sebagai bench player, namun seringkali ia finish the game di lapangan. Tidak diragukan lagi kalau Xaverius pasti akan mendapatkan menit bermain dan peran yang cukup di timnas basket putra Indonesia 2011.
5. Andy Poedjakesuma [Batam]
    * Klub: Pelita Jaya Esia
    * Lahir: 8 November 1980
    * Tinggi badan: 187 cm
    * Berat badan: 88 kg
    * Posisi: Small Forward
Batam adalah pemain yang mempunyai akurasi tembakan yang bagus. Pemain dengan julukan Batam ini selalu menjadi senjata serangan dari garis tiga angka. Dengan badan yang besar untuk posisi tiga [di liga Indonesia], Batam mempunyai kombinasi speed, strength, dan outside shooting sebagai ancaman.
Batam mengawali karirnya di tahun 1997 dengan bergabung bersama tim Aspac. Batam terpilih untuk memperkuat timnas Indonesia di tahun 2005, 2007, dan 2011. Di tahun 2009, Batam memilih pindah klub dari Aspac ke Pelita Jaya Esia hingga sekarang.
6. Ary Chandra [Ary]
    * Klub: Pelita Jaya Esia Jakarta
    * Lahir: Jakarta, 10 November 1984
    * Tinggi badan: 182 cm
    * Berat badan: 73 kg
    * Posisi: Shooting Guard
Ary adalah shooter untuk timnas. Ia sempat masuk first team NBL musim pertama dan akan memberikan variasi serangan untuk timnas.
7. Amin Prihantono [Amin]
    * Klub: Satria Muda Britama Jakarta
    * Lahir: 27 Mei 1982
    * Tinggi badan: 188 cm
    * Berat badan: 85 kg
    * Posisi: Shooting Guard / Small Forward
Amin adalah seorang shooter murni [pure shooter] yang dimiliki timnas Indonesia. Gaya bermain Amin menyerupai shooter-shooter legendaris seperti Ray Allen dan Reggie Miller, yang menggunakan screen dari rekan setim untuk membebaskan dirinya dan mendapat open look untuk shooting.
Peran Amin sangat niche dan jelas di timnas maupun di timnya sendiri, yaitu sebagai seorang shooter. Defense yang lumayan dan kemampuan menembak tiga angka menjadikan peran Amin tak tergantikan. Amin biasanya akan start dan finish the game.
8. Faisal Julius Achmad [Faisal]
    * Klub: Satria Muda Britama Jakarta
    * Lahir: 13 Desember 1981
    * Tinggi badan: 180 cm
    * Berat badan: 80 kg 
    * Posisi: Point Guard
Faisal adalah salah satu point guard terbaik Indonesia saat ini. Kekuatan terbesar Faisal adalah kemampuan tembakan tiga angka yang bisa diandalkan/konsisten [dengan release dan handle yang cukup unik] dan tentu saja playmaking ability.
Namun sayang di timnas 2011 Faisal kalah bersaing dengan rotasi Wuysang, Xaverius, dan Amin di posisi guard. Akan tetapi Faisal tidak merasakan aroma persaingan, selama ia memberikan yang terbaik untuk negara.
9. Dimas Aryo Dewanto [Dimas]
    * Klub: Pelita Jaya Esia
    * Lahir: 2 Mei 1986
    * Tinggi badan: 180 cm
    * Berat badan: 76 kg
    * Posisi: Shooting Guard
Dimas adalah seorang guard yang mempunyai kecepatan yang luar biasa. Mungkin tidak ada satupun pemain di timnas basket putra Indonesia yang memiliki kecepatan off and on the ball seperti Dimas. Speed adalah keunggulan Dimas Aryo. Selain itu, defensenya pun tidak diragukan lagi.
Apabila Dimas bisa memperbaiki shootingnya agar lebih konsisten lagi, maka ia bisa mendapatkan menit bermain lebih di timnas. Karena saat ini, Dimas hanya diturunkan apabila match up dengan lawan membutuhkan defensenya. Yang jelas, walaupun hanya sebagai pemain ke-11, Dimas mempunyai masa depan yang cerah.
10. Mario Wuysang [Wuysang]
    * Klub: Satria Muda Britama Jakarta
    * Lahir: 5 Mei 1979
    * Tinggi badan: 176 cm
    * Berat badan: 75 kg
    * Posisi: Point Guard
Wuysang adalah starting point guard untuk timnas basket putra Indonesia 2011. Kemampuan ball handlingnya yang solid membuat musuh sulit untuk merebut bola dari tangannya. Ball security yang mantap membuat pelatih mempercayakan posisi jendral lapangan padanya.
Wuysang sering kali harus mengambil keputusan dalam pola pick and roll yang dimainkan timnas, either itu mempassing, menerobos, atau menembak dari luar. Faisal bahkan berkomentar bahwa Wuysang adalah point guard terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.
Bersama Dodo, Wuysang adalah salah satu dari dua pemain yang pasti mengisi posisi starter [di Center dan Point Guard] timnas basket putra Indonesia 2011.
11. Dwi Haryoko [Dwi]
    * Klub: CLS Knights Surabaya
    * Lahir: Purwokerto, 01 February 1985
    * Tinggi badan: 193 cm
    * Berat badan: 90 kg
    * Posisi: Center
Another big man yang dibutuhkan sebagai pelapis dan lawan sparring latihan buat Dodo, Rony, dan Koming. Timnas tetap butuh big man sebagai insurance mereka apabila salah satu dari empat big man andalan mereka cedera.
12. Ponsianus Indrawan [Koming]
    * Klub: Pelita Jaya Esia
    * Lahir: 13 Agustus 1973
    * Tinggi badan: 191 cm
    * Berat badan: 85 kg
    * Posisi  Power Forward
Koming adalah PF andalan Indonesia yang mempunyai offensive skills yang mumpuni. Gerakan low postnya di offense cukup bervariasi dan mempunyai kemampuan offensive rebound yang baik.
13. Rony Gunawan [Aconk]
    * Klub: Satria Muda Britama Jakarta
    * Lahir: 20 Agustus 1980
    * Tinggi badan: 194 cm
    * Berat badan: 89 kg
    * Posisi: Center / Power Forward
Aconk biasa bermain di posisi center, namun karena ia setim dengan Dodo [yang berposisi center] di timnas dan di klub, membuat ia harus adjust jika dimainkan bersamaan dengan Dodo.
Aconk adalah salah satu big man Indonesia yang paling smart. Dengan basic fundamental yang sangat baik, Aconk mempunyai basketball IQ yang tinggi, smart menggunakan tubuhnya untuk defense, dan kaya akan low post offensive moves. Ia tahu kapan harus menembak, mengoper, maupun mendribble.
Aconk merevitalisasi dirinya dengan menambah skill menembak tiga angka. Sekarang dengan kemampuan tembakan three pointsnya, Aconk pun bisa bermain di posisi 2 atau 3 sekalipun.
14. Wellyanson Situmorang [Welly]
    * Klub: Satria Muda Britama Jakarta
    * Lahir: 19 Juli 1982
    * Tinggi badan: 188 cm
    * Berat badan: 90 kg
    * Posisi: Power Forward
Welly berperan sebagai kapten di tim Satria Muda Britama Jakarta tahun 2010 sampai sekarang. Welly adalah tipe undersized power forward karena pada umumnya ia lebih pendek pada pemain berposisi 4. Namun jangan meremehkan Welly karena ia mempunyai outside shooting yang bagus dan powerful dalam menjaga lawan.
15. Christian Ronaldo Sitepu [Dodo]
    * Klub: Satria Muda Britama Jakarta
    * Lahir: 27 Oktober 1986
    * Tinggi badan: 200 cm
    * Berat badan: 99 kg
    * Posisi: Center
Dodo adalah center utama andalan tim nasional Indonesia. Sebagai jangkar utama defense timnas, size dan power Dodo sangat dibutuhkan untuk menjaga pertahanan Indonesia.
Untuk offense dan kemampuan Dodo untuk stay out of foul trouble masih belum konsisten, namun Dodo menunjukkan potensi yang menjanjikan dengan terus mengimprove gerakan menyerangnya di low post dan melatih tembakan jarak jauhnya.
Dodo juga harus belajar dan bersikap sebagai pemain terbaik milik negara Indonesia, dimana ia harus lebih konsisten lagi dalam memberikan pengaruh terhadap hasil menang/kalah timnas.

Official timnas basket putra tahun 2011 :
1. Syailendra Bakrie sebagai tim manajer.
2. Andiko Ardi Purnomo sebagai asisten manajer.
3. Horongbala Rastafari sebagai pelatih utama. Rastafari adalah pelatih tim Pelita Jaya Esia.
4. Fictor Roring sebagai asisten pelatih satu. Fictor Roring adalah pelatih tim Satriamuda Britama Jakarta.
5. Johannis Winar sebagai asisten pelatih dua.
Cadangan timnas basket putra Indonesia 2011:
  • Romy Chandra
  • Mario Gerungan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar